Sabtu, 07 April 2012

Cara Merakit Antena TV UHF Sederhana

Cara Membuat Antena TV UHF Sederhana Anda bisa membuat dengan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar rumah, mulai dari tali jemuran, tutup panci, atau plat nomer motor yang sudah tidak dipakai, Kalau dibandingan jaman dulu, sekitar tahun 1990 an, harga antena TV UHF sangat mahal, bagaimana nggak, gaji Pegawai Negeri Sipil kurang lebih 200 an ribu perak, dan harga antena TV UHF bisa mencapai 500 ribuan perak, Nah dari situ, para pecinta TV saluran frekuensi UHF yang mungkin tidak semuanya berkantong lebih, akhirnya mencoba mengakali dari bahan -bahan yang ada disekelilingnya. Alhasil para ibu rumah tangga kebingungan waktu mau jemur pakaian, si bokap yang mencak-mencak karena plat nomor motornya hilang. weh weh jangan sampai seperti itu kali he he he, Nah jadilah pemuda yang kreatif bukan kereatif, jadinya nyusahin orang lain, Kenapa tidak jadi orang yang bermanfaat untuk orang lain sekali-kali nah berikut Cara Membuat Antena TV UHF Sederhana Mari lihat Totorial Cara Membuat Antena TV UHF Sederhana dibawah ini :

Membuat Antena TV UHF Sederhana


Antena TV UHF

Membuat Antena TV UHF Sederhana


A. Pertama siapkan alat dan bahannya seperti dibawah ini :

Alat :
  1. Obeng
  2. Bor
  3. Gergaji Besi
  4. Penggaris Meteran
Bahan :
  1. Batang Aluminium bundar ± 6 meter
  2. Aluminium kotak
  3. Box Antena
  4. Kabel RG-6 ( Coaxial ) 5 meter
  5. Mur/Baut
B. Carilah frekuensi Tv yang diingikan kemudian carilah lamdanya dengan rumus lamda = C/F . Dimana C merupakan kecepatan cahaya ( 3 x 10^8 ) dan F adalah frekuensi channel Tv tadi yang dicari dalam satuan MHz. Contoh beberapa Frekuensi Saluran TV di Indonesia

  1. SCTV = 3756 MHz
  2. TVRI = 3765 MHz
  3. RCTI = 3774 MHz
  4. TV One = 3786 MHz
  5. Global TV = 3934 MHz
  6. INDOSIAR = 4000 MHz
  7. METRO TV = 4055 MHz
  8. TRANS 7 = 3990 MHz
  9. ANTV = 4014 MHz
  10. TRANS TV = 4086 MHz

Ingat :

Anda boleh menggunakan satu lamda, setengah lamda atau bahkan seperempat lamda. Itu semua tergantung dari selera Anda, namun itu juga dapat mempengaruhi kualitas dari gambar yang diterima. Dimana semakin besar lamda yang digunakan maka hadil yang didapat juga akan maksimal. Namun tidak menutup kemungkinan juga yang kecil lamdanya hasilnya nanti tidak bagus.

C. Setelah itu potonglah batang aluminium bundar sesuai dengan panjang lamda yang telah dihitung untuk setiap directory. Kemudian nanti directorynya diberikan lubang kecil ditengah untuk tempat mur/baut.

D. Ambillah aluminium kotak tadi kemudian lubangi aluminium kotak itu masing-masing jarak setiap directory 5cm. Lalu bor lah ketika telah ditandai.

E. Setelah aluminium kotak tadi telah selesai di bor dan semua directory telah jadi maka masukkanlah satu persatu directory ke dalam aluminium kotak tadi. Lalu ambillah mur/baut, dan obeng untuk mengencangkannya.

F. Setelah semua directory telah terpasang dengan baik pada aluminium kotak tadi, maka kita tinggal memasang box antena nya saja lalu kencangkan dengan obeng.

G. Akhirnya jadilah antena Tv sederhana seperti gambar di bawah ini.

Antena TV UHF


Demikianlah postingan saya mengenai Cara Membuat Antena TV UHF Sederhana semoga saja sahabat semuanya bisa mempraktekkannya. Selamat mencoba yah, memang awalnya ketika Anda ingin mecoba sesuatu itu akan terasa sulit namun pada akhirnya setelah dijalani ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.
Referensi : blogpanik.blogspot.com

0 comments:

Poskan Komentar