Minggu, 11 Desember 2011

Barcelona 3-1 Real Madrid

Enlarge font

image
Real Madrid vs Barcelona. (Getty Images)
Barcelona berhasil mengalahkan Real Madrid 3-1 di Santiago Bernabeu, Ahad (11/12) dini hari WIB, sekaligus mengudeta singgasana La Liga dari seteru abadinya tersebut di pertemuan kali pertama musim 2011/2012.
Pasukan Pep Guardiola berhak atas puncak klasemen sementara meski sama-sama membukukan poin 37 dengan Madrid. Namun, produktifitas El Barca lebih baik dari Los Blancos.

Laga El Clasico yang ditunggu-tunggu jutaan penonton di seluruh penjuru dunia ini berlangsung sangat menarik. Buktinya, belum satu menit laga bergulir Karim Benzema langsung mencetak gol cepat pada menit ke-21.

Kejutan tersebut berawal dari tembakkan Mesut Ozil yang berhasil diblok Sergio Busquets. Akan tetapi, bola tidak lantas dalam penguasaan anak-anak Catalan melainkan jatuh di kaki Benzema. Tanpa berlama-lama bomber itu langsung menuntaskan tugasnya dan menyarangkan bola ke gawang Victor Valdes.

Setelah terjadi gol tersebut permainan kedua kesebelasan semakin menarik. Barcelona berinisiatif meningkatkan agresifitas serangan dan menciptakan sejumlah peluang berbahaya di lini pertahanan Los Merengues.

Lionel Messi pada menit ke-6 dan Xavi Hernandez pada menit ke-23 hampir menciptakan gol balasan, tapi sayang kedua kesempatan itu masih digagalkan Iker Casillas. Madrid sendiri bukan tanpa peluang usai mencetak gol pertama. Benzema dan Ronaldo juga sanggup membalas dengan menciptakan beberapa peluang untuk menambah keunggulan.

Malahan, begitu laga melewati separuh perjalanan di babak pertama skuad Jose Mourinho menempatkan El Barca dalam kondisi tertekan. Namun, kelengahan karena tengah asik menyerang membuat gawang Casillas justru kebobolan pada menit ke-30. Gol yang menjadikan kedudukan imbang 1-1 hingga paruh pertama usai itu dibuat Alexis Sanchez setelah menerima umpan terobosan Messi.

Permainan saling serang antarkedua kubu berlanjut di babak kedua. Kali ini, tim tamu lebih efektif dalam memaksimalkan peluang yang didapat.

Pada menit ke-53 Xavi membalikkan keadaan menjadi 2-1. Tendangan langsung dari luar kotak penalti Xavi berbelok arah setelah menyentuh kaki Marcelo sehingga Casillas tak kuasa menggagalkan bola menerobos masuk gawangnya.

Berada di atas angin Blaugrana sukses menambah keunggulan lewat sundulan eks kapten Arsenal, Cesc Fabregas pada menit ke-66. Gol ini berawal dari umpan silang yang dilepaskan Dani Alves dan mengubah papan skor menjadi 3-1.

Cetakkan tersebut rupanya menjadi gol terakhir yang tercipta di laga ini. Pasalnya, hingga wasit menyudahi pertandingan tidak ada lagi gol lain tercipta walau sejumlah peluang bagus kembali diperoleh kedua raksasa Spanyol itu.

*****
Susunan pemain


Real Madrid: Iker Casillas, Sergio Ramos, Pepe, Marcelo, Lassana Diarra (Sami Khedira 62'), Fabio Coentrao, Xabi Alonso, Angel Di Maria (Gonzalo Higuain 68'), Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Mesut Oezil (Ricardo Kaka 58').

Barcelona: Victor Valdes, Carles Puyol, Gerard Pique, Eric Abidal, Dani Alves, Sergio Busquets, Andres Iniesta (Pedro Rodriguez 89'), Xavi, Alexis Sanchez (David Villa 83'), Lionel Messi, Cesc Fabregas (Seydou Keita 79').

0 comments:

Posting Komentar